Yamaha V-IXION 2008 memang Handal

V-IXION
type = Sport

me V-Ixion


sudah hampir 2 tahun ini saya masih setia menunggangi si kuda besi produk dari Yamaha (semakin di depan) mungkin karena saya salah satu fans dari The Doctor (Valentino Rossi) atau memang kesengsem sama model Yamaha utamanya si Vixi ini yang memang sangat sporty dan gak kaya yang lainnya deh pokoke.
sampai dengan sekarang Vixi saya masih normal-normal saja, maklum saya cuma pake tuh vixi buat ke kantor atau jalan-jalan sama anak2 doang jarang ke luar kota apalagi touring kaya anak2 bikers umumnya.
selama setia menunggangi kuda besi dari Yamaha Vixi memang rasa PD jelas tambah, garang, elegan dan sporty tentunya, jadi tak jarang setiap kita jalan banyak yang nglirik si Vixi, maklum Vixi ane udah ta kasih baju dan asesories seadanya yang penting lain dari yang lain (biar di parkiran gampang dicari … hihihi).
pokoknya salut deh buat Yamaha yang memang semakin di depan.
Spesifikasi :
Mesin
Model : 3C11
Tipe mesin : Liquid Cooled 4T, SOHC
Diameter x langkah : 57 x 58,7 (mm)
Volumen silinder : 149.8 cc
Perbandingan kompresi : 10.4 : 1
Sistem starter : Kick dan Electric starter
Putaran langsam : 1300, 1500 rpm
Power : 11.10 kw (14.88 HP) / 8.500 rpm
Torsi : 13.10 nm (1.34 kgf.m)/ 7.500 rpm

Bahan Bakar
Bahan bakar disarankan : Unleaded Gasoline (premium tanpa timbal)
Kapasitas tangki : 12 ltr

Oli Mesin
Oli disarankan : SAE 20W40/ SAE 20W50 API Service SJ
Sistem pelumasan : Tipe basah

Iklan

awal manis Valentino (the DOCTOR) Rossi 2010

The Doctor

Podium pertama di balapan perdana musim yang baru sudah cukup lama tak didapat Valentino Rossi. Itu mengapa hasil di Losail, Senin (12/4/2010) dinihari WIB, jadi sangat istimewa untuknya.

Rossi baru saja memastikan diri menjadi jawara MotoGP Qatar 2010. Capaian itu tak terlepas dari insiden jatuhnya Casey Stoner saat sedang memimpin balapan –posisi yang kemudian direbut Rossi dan dijaganya sampai akhir.

Kesialan yang menimpa Stoner tersebut bukan hanya bikin si rider Ducati gagal meneruskan capaian positif di sana, dengan jadi jawara empat musim beruntun. Tetapi juga memberikan celah buat Rossi untuk melakukan start awal musim nan apik.

Selain berhasil mengakhiri dominasi di seri Losail, podium pertama di sini sekaligus juga bikin Rossi kembali memulai musim dengan kemenangan. Ini sudah tak dia lakukan semenjak tahun 2005.

Pada tahun 2006, pada seri perdana musim tersebut di Jerez, Rossi hanya bisa finis di posisi 14. Bukan sebuah capaian bagus buat The Doctor yang kemudian mengakhiri musim di posisi runner-up.

Sejak musim 2007 sampai dengan 2009, seri perdana MotoGP mulai dihelat di Losail. Seperti telah diketahui, Stoner tak pernah absen dari podium teratas selama tiga musim tersebut.

Maka dari itu, kemenangan Rossi di MotoGP Qatar 2010 kali ini bukan hanya menyudahi dominasi Stoner melainkan juga membuatnya kembali langsung meraih kemenangan sedari seri perdana.

Kian luar biasa untuk timnya, Yamaha, karena Jorge Lorenzo berhasil finis di belakang Rossi untuk mencatatkan finis satu-dua untuk tim tersebut. “Sebuah hasil yang bagus untuk memulai musim, buat saya dan juga buat tim Yamaha.”

“Kemenangan satu dan dua lagi, dan (untuk saya) 25 poin di trek ini seperti emas buat kami di kejuaraan. Saya pikir sudah sejak 2005 saya tak pernah memenangi balapan perdana, jadi kami akan berusaha terus seperti ini,” lugas Rossi senang di Reuters

Bahan Pembuatan Fiberglass

  1. Erosil

Erosil adalah bahanyang menyerupai bubuktapi sangat halus kayak bedak bayi, fungsinya adalah sebagai perekat/ nempelin Mat supaya fiberglass jadi kuat dan tidak mudah patah/pecah.

  1. Resin

Resin inilah bahan utama/ pokok pada pembuatan fiberglass resin seperti oli atau lem (kental), kebanyakan berwarna hitam atau bening, fungsinya adalah mengencerkan semua bahan yang akan dicampur. Resin mempunyai beberapa tipe dari yang keruh, berwarna hingga yang bening dengan berbagai kelebihannya seperti kekerasan, lentur, kekuatan dan lain-lain. Selain itu harganya-pun bervariasi.

  1. Katalis

Katalis berbentuk cairan jernih dengan bau menyengat. Fungsinya sebagai katalisator agar resin lebih cepat mengeras. Penambahan katalis ini cukup sedikit saja tergantung pada jenis resin yang digunakan. Selain itu umur resin juga mempengaruhi jumlah katalis yang digunakan. Artinya resin yang sudah lama dan mengental akan membutuhkan katalis lebih sedikit bila dibandingkan dengan resin baru yang masih encer. Zat kimia ini biasanya dijual bersamaan dengan resin. Perbandingannya adalah resin 1 liter dan katalisnya 1/40 liter.

  1. Pigment

Pigment adalah zat pewarna saat bahan fiberglass dicampur. Pemilihan warna disesuaikan dengan selera pembuatnya. Pada umumnya pemilihan warna untuk mempermudah proses akhir saat pengecatan.

  1. Mat

Bahan ini berupa anyaman mirip kain dan terdiri dari beberapa model, dari model anyaman halus sampai dengan anyaman yang kasar atau besar dan jarang-jarang. Berfungsi sebagai pelapis campuran/adonan dasar fiberglass, sehingga sewaktu unsur kimia tersebut bersenyawa dan mengeras, mat berfungsi sebagai pengikatnya. Akibatnya fiberglass menjadi kuat dan tidak getas.

  1. Talk

Sesuai dengan namanya, bahan ini berupa bubuk berwarna putih seperti sagu. Berfungsi sebagai campuran adonan fiberglass agar keras dan agak lentur.

  1. Aseton

Pada umumnya cairan ini berwarna bening, fungsinya yaitu untuk mencairkan resin. Zat ini digunakan apabila resin terlalu kental yang akan mengakibatkan pembentukan fiberglass menjadi sulit dan lama keringnya.

  1. Cobalt

Cairan kimia ini berwarna kebiru-biruan berfungsi sebagai bahan aktif pencampur katalis agar cepat kering, terutama apabila kualitas katalisnya kurang baik dan terlalu encer. Bahan ini dikategorikan sebagai penyempurna, sebab tidak semua bengkel menggunakannya. Hal ini tergantung pada kebutuhan pembuat dan kualitas resin yang digunakannya. Perbandingannya adalah 1 tetes cobalt dicampur dengan 3 liter katalis. Apabila perbandingan cobalt terlalu banyak, dapat menimbulkan api.

  1. PVA

Bahan ini berupa cairan kimia berkelir biru menyerupai spiritus. Berfungsi untuk melapis antara master mal/cetakan dengan bahan fibreglass. Tujuannya adalah agar kedua bahan tersebut tidak saling menempel, sehingga fiberglass hasil cetakan dapat dilepas dengan mudah dari master mal atau cetakannya.

  1. Mirror

Sesuai namanya, manfaatnya hampir sama dengan PVA, yaitu menimbulkan efek licin. Bahan ini berwujud pasta dan mempunyai warna bermacam-macam. Apabila PVA dan mirror tidak tersedia, perajin/pembuat fiberglass dapat memanfaatkan cairan pembersih lantai yang dijual bebas di mall/ toserba.

  1. Dempul

Setelah hasil cetakan terbentuk dan dilakukan pengamplasan, permukaan yang tidak rata dan berpori-pori perlu dilakukan pendempulan.Tujuannya agar permukaan fiberglass hasil cetakan menjadi lebih halus dan rata sehingga siap dilakukan pengecatan

bahan-bahan di atas bisa diperoleh di Toko Kimia terdekat.