Indonesia melawan Philipina di semifinal AFF 2010

timnas Indonesia aff 2010

timnas Indonesia aff 2010


HANOI – Keuntungan nonteknis kembali mendorong Indonesia berprestasi di Piala AFF (Federasi Sepak Bola Asia Tenggara) 2010. AFF menyatakan bahwa Filipina tidak bisa menjadi tuan rumah di semifinal tersebut.

Padahal, Filipina bakal menjadi lawan Indonesia pada 16 dan 19 Desember mendatang. Kepastian Filipina sebagai menjadi lawan Indonesia di semifinal hadir setelah mereka bermain imbang 0-0 dengan Myanmar di Hien Truong Stadium, Nam Dinh, tadi malam (8/12). Sementara, Vietnam kembali ke puncak klasemen grup B seiring kemenangan atas Singapura 1-0 (1-0) di My Dinh Stadium, Hanoi, pada waktu yang sama. Satu-satunya gol Vietnam dicetak Nguyen Vu Phong di menit ke-32.

Filipina patut berbangga setelah lolos ke semifinal AFF untuk kali pertama, meski harus mengelus dada. Sebab, mereka tidak bisa memanfaatkan jatah tuan rumah salah satu leg semifinal tersebut. Menurut statemen AFF yang dirilis tadi malam, Filipina tidak bisa menjadi tuan rumah semifinal atau final karena tidak memiliki stadion yangt memenuhi persyaratan yang ditetapkan AFF.

AFF juga menjelaskan bahwa pihak Federasi Sepak Bola Filipina (PFF) telah menerima keputusan tersebut. Sebagai gantinya, mereka dihadapkan pda dua pilihan. Yakni memilih stadion di tempat netral atau menyetujui perhelatan dua leg semifinal pada lawan mereka, Indonesia.

Jika memilih tempat netral, Indonesia harus turut menyetujui venue netral tersebut. Belakangan, Singapura sempat disebut bakal menjadi pilihan Filipina. “Tapi kalau kami menolak, Filipina tidak bisa berbuat apa-apa,” ujar Iman Arif, deputi bidang teknik Badan Tim Nasional (BTN), tadi malam.

Apapun keputusan vuenue semifinal bakal diumumkan dalam waktu dekat. “AFF sudah membuka opsi memainkan laga home dan away semifinal di Indonesia. Kepastiannya akan diumumkan, satu atau dua hari ke depan,” kata Joko Driyono, ketua panpel lokal Piala AFF Grup A.

Sementara, asisten pelatih timnas Widodo C. Putra menyatakan bahwa Filipina memiliki cara bermain yang kental dengan para pemain naturalisasi. “Tampak sekali mereka sangat mengandalkan para pemain naturalisasinya. Visi bermain mereka memang bagus karena lama di Eropa,” beber Widodo.

Namun, mantan striker Petrokimia Putra Gresik itu optimistis Indonesia mampu melawati hadangan Filipina untuk merebut satu tiket babak final. “Tim kita sudah membuktikan tampil luar biasa selama babak penyisihan grup. Itu modal sangat berharga kita untuk menghadapi partai semifinal,” ungkapnya

http://www.jpnn.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: