Prosedur Penerimaan CPNS 2010 bagi Palamar Umum dan Tenaga Honorer Kabupaten/ Kota

2010, CPNS SELEKSI MANDIRI DITIADAKAN


Semarang (Suara Merdeka, 8 September 2010).
Pemerintah melalui Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) megeluarkan surat edaran terkait mekanisme penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2010.
Berdasarkan surat edaran itu, maka penerimaan CPNS tahun 2010 untuk jalur umum tidak lagi menggunakan sistem seleksi mandiri yang dilakukan pemerintah kota/ kabupaten.
Sekda Jateng Hadi Prabowo menyatakan, tahun ini seluruh seleksi CPNS di tingkat kabupaten/ kota dikoordinasikan atau difasilitasi oleh Gubernur selaku wakil pemerintah pusat di provinsi. Aturan tersebut sesuai dengan PP Nomor 19 Tahun 2010 serta surat edaran MenPAN No. B/1654/M.PAN.RB/7/2010 tanggal 21 Juli 2010.

“Keluarnya surat edaran dan PP tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan dikeluarkannya Surat Gubernur Jateng No. 810/2030/2010 tanggal 16 Agustus 2010 yang menyebutkan bahwa pengadaan CPNS daerah tahun 2010 dikoordinasikan/ difasilitasi oleh Gubernur,” jelas Hadi Prabowo.
Surat Gubernur tersebut telah diedarkan ke daerah untuk ditindaklanjuti. Dijelaskan lebih lanjut, kebupaten/ kota telah mengajukan kebutuhan CPNS untuk formasi 2010. Namun demikian, belum semua pengajuan dari daerah itu dinyatakan diterima.
“Pengajuan formasi CPNS provinsi juga belum fix. Rincian formasinya juga belum jelas dan masih akan ada perubahan,” katanya.
Revisi
Kepala Bidang Pengembangan Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jateng Muhammad Masrofi menyatakan, penentuan formasi CPNS akan dibahas setelah hari raya di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara.
“Kami memang sudah mengajukan formasi, tapi masih dalam pembahasan dan revisi, tapi masih dalam pembahasan dan revisi. Diperkirakan pada awal Oktober 2010 nanti formasi apa saja yang disetujui Kementerian PAN-RB bisa diketahui, seiring dengan dimulainya persiapan perekrutan CPNS,” paparnya.
Dijelaskannya, pada tahun 2009 ada dua mekanisme perekrutan CPNS, yakni yang difasilitasi Gubernur serta tes mandiri oleh kabupaten/ kota. Tahun lalu 13 kabupaten/ kota menggelar penerimaan CPNS daerah secara mandiri.
Menurutnya, selama ini pengajuan dari Pemprov dan daerah untuk formasi CPNS cukup banyak, namun tidak 100% disetujui pemerintah pusat. Hal itu karena pemenuhan CPS juga harus mempertimbangkan kemampuan keuangan negara. Pada formasi Tahun 2009, pemprov Jateng merekrut 1.243 CPNS. Mereka terdiri atas 680 tenaga honorer dan 563 pelamar umum.
Adapun CPNS kabupaten/ kota 18.244 orang. Dari formasi tersebut, jumlah tenaga honorer 5.662 orang, sekdes 687 orang, dan pelamar umum 12.437 orang.
Mereka meliputi tenaga pengajar 5.241 orang, tenaga kesehatan 3.396 orang, dan tenaga teknis lainnya 3.620 orang.

4 Tanggapan

  1. Buat pak bibit tolong dong usul sama pak mentri. Untuk penerimaan cpns jawa tengah kususnya lulusan sma, smea segala jurusan, stm segala jurusan di adakan lagi. Tentunya yang usia maks 35 th dan nilai rata2 ijazah 6,5. Jadi kayak kita ini yang lulusan sma sederajat bisa ikutan daftar. Bukan kayak tahun kemarin: giliran ada sma mereka yang punya prestasi di sea game atau pon. Kayaknya tidak adil kalau kita tidak di ikut sertakan dr wahyudi

  2. Yth bapak Gubernur saya usul untuk penerimaan Cpns tidak hanya untuk yang Sarjana maupun DIII kasian yang tidak bisa melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi karena keterbatasan biaya ataupun lainnya.Jadi saya mohon untuk Ijasah minimal SMA,STM, atau SMEA. Kasian pak kalau yang lulusan tsb tidak bisa ikut CPNS. Padahal kualitas dan kuantitas mereka tidak kalah dengan para lulusan yang lebih tinggi. Demikian usulan kami bapak ats perhatian dan kebijaksanaannya kami haturkan beribu terima kasih

  3. Apakah ada jaminan tes cpns akan murni tdk ada sogok!!!

  4. assalammualaikum wre wb bgaimna caranya melihat data base secara keseluruhan yg sudah masuk dan terdaftar d BKN pusat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: